Ambassador’s Award, Rekatkan Hubungan Ekonomi Indonesia - Rusia

By Admin


nusakini.com-Moskow-Hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia mengalami peningkatan, khususnya setelah Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di sela-sela Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN-Rusia di Sochi, Mei 2016. 

Perdagangan antara Indonesia dan Rusia mencapai angka tertinggi pada tahun 2017 sebesar USD 3,27 miliar atau meningkat 25,2% dari tahun sebelumnya. Angka perdagangan kedua negara diharapkan juga naik sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh presiden kedua negara yakni sebesar USD 5 milyar pada tahun 2020. 

Pada sektor pariwisata, kunjungan wisatawan asal Rusia mencapai angka tertinggi sebesar 110.527 atau meningkat sebesar 37,28%. Sedangkan angka kunjungan wisata Rusia ke Indonesia dari Januari-September 2018 tercatat sebesar 91.482 orang atau meningkat sebesar 5 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Dibukanya penerbangan langsung Rusia sebanyak 3 kali dalam seminggu menuju Indonesia turut memberikan kontribusi dalam peningkatan nilai perdagangan dan jumlah wisatawan antara kedua negara. 

Selain itu, Festival Indonesia yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016 menjadi ajang promosi mengenai Indonesia kepada masyarakat Rusia. Di tahun ketiga Festival Indonesia, tercatat nilai transaksi sebesar USD 2,23 juta. 

Dubes RI Moskow menganugrahkan ambassador's award yang merupakan bentuk apresiasi kepada individu ataupun institusi yang dinilai telah memberikan kontribusi terhadap peningkatan hubungan bilateral Indonesia – Rusia khususnya di bidang ekonomi yang meliputi perdagangan, kunjungan wisata maupun kerja sama investasi dan kelembagaan. 

Ambassador's Award diberikan untuk 5 kategori yakni: 

1). Partner in Trade Promotion of Indonesian Products (EFKO Group; Soyuzsnab C.J.S.; House of Indonesia; LLC ITR; DV Trade Russia; Food City Indonesia; dan KLD Coffee Importers) 

2). Partner in Tour Promotion of Wonderful Indonesia Destinations (Tour: Coral Travel; Paks Travel; Solvex // Media: Perito Burrito Travel Project; Travel Russian News; Voyage Magazine; National Geographic Traveller; NTV Channel, TV program "Poedem, poedim!"; Sofia Philippova (sonchicc); dan Alexander Remnev (a_remnev)) 

3) Partner in Event Production in Trade, Tourism and Investment Promotion (Amarcom Media) 

4). Partner in Business to Business Networking (Russia Chamber of Commerce and Industry; Moscow Chamber of Commerce and Industry; ASEAN-Russia Business Council; dan Russia-Indonesia Business Council) 

5). Institution Partner in Trade Tourism and Investment Promotion (City of Moscow; Hermitage Garden; Krasnaya Presnya Park; Rossiya Airlines; dan Qatar Airways)​. (p/ab)